H-14 Stulap, sudahkah kita siap?


Sumber foto : brightandgloomy.blogspot.com

KUNJUNGAN INDUSTRI ATAU STULAP?

Stulap sebentar lagi. Itulah kira-kira gambaran untuk agenda terdekat bagi angkatan kita. Tapi ada yang menyebutnya kunjungan industri, lalu sebenarnya Stulap atau Kunjungan Industri sih? Mungkin kita semua lebih familiar dengan sebutan stulap, tetapi secara institusi yang tepat adalah Kunjungan Industri.

Hal ini tertuang dalam buku Pedoman Belajar Siswa Terbitan tahun 2015 dari bidang Kesiswaan yang menjelaskan bahwa Kunjungan Industri merupakan kegiatan pendidikan di SMK-SMAK BOGOR untuk memberikan gambaran secara langsung kepada kelas XIII tentang dunia kerja yang akan mereka masuki juga sebagai penjajakan untuk praktik kerja industri.

Kunjungan Industri termasuk dalam kegiatan khusus kelas XIII bersama dengan PKT, Prakerin, AMT, dan yang lainnya. Di kalangan anak muda SMAKBO sudah terbiasa dengan sebutan Study Lapangan atau stulap. Karena dinilai lebih familiar, simpel, dan mudah diucapkan. Seperti sudah menjadi common name dan sebenarnya tidak masalah karena tujuan dan artinya tidak jauh berbeda. Tinggal bagaimana kita memposisikan diri.

KAPAN DAN KEMANA?

Kunjungan Industri tahun ini akan dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus-5 September 2018 selama 9 hari. Dengan tujuan Jabar-Jaban dan Jawa-Bali. Walaupun angkatan kita tidak satu arah tetapi tujuannya tetap sama yaitu untuk mengetahui gambaran dunia kerja di industri yang dikunjungi. Sehingga tidak ada nilai esensial yang hilang. Adapun selebihnya merupakan agenda tambahan dan pelengkap lainnya.

Minimal 5 industri akan dikunjungi. 4 diantaranya berupakan industri swasta dengan bidang makanan dan minuman, obat-obatan, manufaktur, dan jasa analisis. Sedangkan sisanya merupakan perusahaan pemerintah non bonafit seperti Balai ataupun Balai Besar.

NAMA RESMI

Nama resmi stulap angkatan 61 adalah CLAVATOUR 2k18 sesuai berdasarkan keputusan mufakat melalui polling di Line beberapa waktu lalu. Diharapkan dengan adanya stulap ini selain ada ilmu yang dapat diambil akan tercipta suasana yang kodusif dan dapat mempererat kesolidaritas angkatan kita.

SEJAUH MANA KESIAPAN ANGKATAN?

Tidak terasa tinggal 14 hari lagi menuju hari yang ditunggu-tunggu. Kira-kira apa saja kesiapan yang sudah dilakukan dan yang akan dilakukan oleh angkatan ya? Persiapan yang sudah dilakukan antara lain pemilihan nama Clavatour 2k18, penentuan desain baju, dan mendata request patner bangku serta sosialisasi melalui instagram @clavata61 dan blog ini.

Adapun yang akan dilakukan antara lain terus melakukan sosialisasi dan juga mempersiapkan keperluan pendukung acara salah satunya dengan pengaturan dana kas. Serta akan menampung berbagai aspirasi daripada clavator yang budiman.

PERLU DIINGAT

1.      Batas pembayaran adalah H-seminggu atau Selasa, 21 Agustus 2018. Melalui transfer, TIDAK BISA TUNAI.
2.      Segera laporkan bukti pembayaran, bentuk hard copy (bukan foto). Jangan ditunda-tunda, tidak baik guys.
3.      Waktu stulap masih dibilang saat awal masa Pergantian Blok. Jadi disarankan untuk blok PKT agar memikirkan matang-matang dampak yang mungkin ditimbulkan. Sehingga analisis tidak terganggu atau kepikiran sampai dijalan ckck.
4.      Bagi blok lain yang padat jadwal seperti Teori, disarankan meluangkan waktu untuk menyiapkan apa yang perlu dibawa jauh hari. Jangan H-1 banget (emangnya PR).
5.      Terlebihnya ingatlah terus ibadah dan orang terkasih yaa.

BARANG YANG DISARANKAN

Bagi sebagian orang pergi jauh dan lama sudah pernah dialami atau sering. Tapi tidak sedikit juga yang menjadikan stulap ini adalah momen pertama khususnya ke luar pulau. Oleh karena itu yuk kita bahas apa saja yang disarankan untuk digunakan dan dibawa agar dapat mempermudah kegiatan kita selama stulap. Bagi Clavator yang ingin menambahkan silakan komentar ya.

1.    Koper

Koper sangat disarankan untuk dapat membantu kita membawa barang banyak  saat pergi jauh. Bentuknya yang simple, trendy, dan muat banyak sangat cocok dengan keadaan. Terlebih lagi bagi wanita yang biasanya barang bawaanya lebih banyak.

2.    Kanebo


Kanebo, iya kanebo mungkin terdengar sedikit mengagetkan. Tapi sebetulnya tidak juga. Karena kakak kelas kita sebelumnya pun juga pernah menggunakannya. Karena terbukti kenebo memiliki daya serap tinggi. Dibanding ketika kita menggunakan handuk untuk pergi jauh dan disimpan dalam kondisi basah di tas maka akan menimbulkan bau tidak sedap bukan. Tetapi kanebo tidak, kanebo memberikan alternative selain karena berdaya serat tinggi, saat disimpan tidak harus kering dan tentunya praktis. Tapi ingat belinya yang kualitas lembut dan baik ya. Murah, praktis, dan efisien.

3.    Selanjutnya
 Untuk barang selanjutnya nantikan pada artikel Stulap selanjutnya. Bagi Clavator yang pernah bertanya ke kakak kelas atau punya saran untuk barang yang perlu dibawa silakan KOMENTAR di bawah atau kirim ke email clavata61@gmail.com.






PENGUMUMAN
Bagi Kalian yang suka menulis cerpen, puisi, cerita, ataupun artikel bebas. Dan ingin berbagi untuk mengasah bakat dan hobi. Silakan berbagi kirim karyamu ke clavata61@gmail.com. 
Tidak ada batasan dan aturan baku. Asal tidak mengandung SARA dan keributan saja. Dapat juga berbagi pengetahuan, pelaaran, pengalaman di lab dan juga cerita cerita menarik baik pribadi atau kelas saat di SMAKBO. Karya akan di upload saat Stulap.

Comments